Ad Code

Responsive Advertisement

STROKE bag.1


 Tiga bulan sudah serangan malam itu menimpa Orang yang Paling berjasa dalam hidupku, Bapak. Setengah jam sebelumnya -saat kuantar minuman hngat- masih  berdiri shalat malam. "Wan, .. Wan... " suara emak sayup-sayup terdengar dari balik dinding bata. kusambut panggilannya, kudapati Bapak sudah tengkurap di lantai dengan tangan lemas dan bibir penceng (bahasa jawa) sekira jam 4.00 wita.   
Alhamdulillah kini masih diberi umur, iman, islam dan dicukupkan rizqinya. kini beliau dalam asuhan ibundaku.
Seperti biasa saya browsing san sini tentang penyakit yang jadi masalah bagiku atau keluargaku atau tetanggaku atau masyarakatku.  kumulai dari wikipwedia-indonesia sbb:

 
Stroke (bahasa Inggris: stroke, cerebrovascular accident, CVA) adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak. Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu.  Bila dapat diselamatkan, kadang-kadang penderita mengalami kelumpuhan di sebelah anggota badannya, hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan bicaranya. Beberapa tahun belakangan ini makin populer istilah serangan otak. Istilah ini berpadanan dengan istilah yang sudah dikenal luas, "serangan jantung"

ada definisi yang bagus di medicastore :
Stroke merupakan suatu penyakit defisit neurologis yang bersifat mendadak. Penyebabnya adalah gangguan pada aliran pembuluh darah di otak. beberapa hal yang dapat menyebabkan terganggunya aliran darah di otak antara lain adalah terbentuknya sumbatan pada pembuluh darah ( stroke iskemik ) maupun pecahnya pembuluh darah (stroke perdarahan), yang sama – sama dapat menyebabkan aliran suplai darah ke otak terhenti dan muncul gejala kematian jaringan otak.

Menurut dr.Yuda Turana Sp.S saat ini bukan hanya gejala kelemahan tubuh saja yang menjadi fokus utama tetapi bisa saja terkena gangguan pada fungsi kognitif seperti lupa mendadak, gelap satu mata, pusing, bicara pelo / cadel mendadak, gangguan menelan, kesemutan seluruh badan mendadak, gangguan keseimbangan mendadak.Stroke dapat menyebabkan gangguan baik fisik maupun emosional seseorang. http://medicastore.com/stroke.htm


i yaKenapa lemah jemari ini mengetiknya ? mengingat peristiwa, semoga Alloh beri kesabaran dan kekuatan dan kesehatan  bagi emak pak dan kami. insyaAlloh ilmu tentang stroke akan kami smabung lagi...

Posting Komentar

0 Komentar