Ad Code

Responsive Advertisement

Ganglion, sakit apa sih..



Bismillah, mulai posting lagi atas pesanan isteri tercinta karena pertanyaan adiknya yang baru mengarungi bahtera rumah tangga. saudara suaminya ada yang kena ganglion, sakita pa itu dan apa obatnya?
kumulai dari wikipedia, kamus online andalan saya.
Dalam anatomi, ganglion adalah sebuah bongkahan jaringan biologis. Ganglion paling banyak terbentuk dari sel saraf tubuh. Sel yang ditemukan di dalam ganglion disebut sel ganglion. Istilah ini juga kadang digunakan untuk mengacu ke istilah yang lebih spesifik yaitu sel ganglion retina
Kejadian kurang umum yang berhubungan dengan ganglion adalah kista ganglion, benjolan kecil yang umumnya muncul di tangan atau kaki, belum diyakini sebagai sel saraf.
Sempat kutanya dokter kepala puskesmasku,  Ganglion itu sejenis tumor yang ada di jaringan sendi, berbentuk kapsul biasaya berisi cairan. lebih sering di pergelangan tangan, karena sesing "ditekuk-tekuk" (bahasa jawa) kan enak "klek.. klek.. gitu".  lanjutnya "Penanganannya ya diopersi, tapi operasi kecil kok Pak."

Kulanjutin blogwalking ketemu http://ka-nia.com/2008/04/g-a-l-i-o-n/ menyebutkan; Kista Ganglion atau biasa disebut Ganglion merupakan kista yang terbentuk dari kapsul suatu sendi atau sarung suatu tendon. Kista ini berisi cairan kental jernih yang mirip dengan jelly yang kaya protein. Kista merupakan tumor jaringan lunak yang paling sering didapatkan pada tangan. Ganglion biasanya melekat pada sarung tendon pada tangan atau pergelangan tangan atau melekat pada suatu sendi; namun ada pula yang tidak memiliki hubungan dengan struktur apapun. Kista ini juga dapat ditemukan di kaki. Ukuran kista bervariasi, dapat bertambah besar atau mengecil seiring berjalannya waktu dan bahkan menghilang. Selain itu kadang dapat mengalami inflamasi jika teriritasi. Konsistensi dapat lunak hingga keras seperti batu akibat tekanan tinggi cairan yang mengisi kista sehingga kadang didiagnosis sebagai tonjolan tulang.

Dokter pengasuh konsultasi detik-health juga menganjurkan operasi, ganglion itu diangkat sama kapsulnya sebelum membesar bahkan bisa pecah. insya Alloh tak muncul lagi. lihat
http://health.detik.com/read/2009/09/24/103036/1208364/793/agar-ganglion-tak-muncul-lagi

demeikian semoga bermanfaat

Posting Komentar

0 Komentar